Monday, October 6, 2008

macromod- teori makro utama

Menurut saya, salah satu hal yang harus dipahami betul dalam pembentukan model makro adalah mainstream apa yang akan digunakan.
teori Keynes dan perkembangannya, teori klasik dan perkembangannya, masing-masing memiliki karakter, restriksi, dan asumsi yang tidak dapat dicampuradukkan satu dengan yang lain.

apabila penelitian ini melakukan konfirmasi teori, maka dasar teori harus muncul secara nyata.
dan dasar teori inilah yang akan memunculkan restriksi dan asumsi di dalam pemodelan.

kajian terhadap perdebatan penelitian sebelumnya juga akan sangat memperkaya pemodelan. sehingga ketika membuat model, peneliti telah tahu arah yang akan ditempuh, dan tidak menyalahkan kondisi Indonesia sebagai negara yang sedang berkembang, sehingga banyak anomali, bila estimasi hasil tidak menunjukkan arah yang sesuai dengan teori (seperti yang banyak dilakukan mahasiswa S1 kita).

powerpoint mengenai teori makro utama ini sebetulnya merupakan ringkasan dari tugas makro saya waktu s3 selama 1 semester. jadi detailnya ada di tumpukan paper saya. hehe. sekarang yang saya sampaikan hanya ppt saja ya... dapat dilihat di http://rapidshare.com/files/151350967/ikarahutami_4teori_makro_utama.ppt

No comments: